Mau KAYA? ini rahasianya!

Kamu mau jadi orang kaya? Nggak datang begitu saja, kecuali kalau dapat warisan dari ortu yang kaya atau menang undian milyaran rupiah. Tapi, kalau bukan dari itu, kamu bisa mengusahakannya sendiri, berikut beberapa hal sederhana yang dapat kamu usahakan.

1. IRIT, bukan berarti pelit

Hemat memang pangkal kaya, tapi bukan berarti hemat atau dalam kata lain irit adalah sama dengan pelit. So, buang jauh jauh deh sifat pelit itu. Coba deh kalau kamu sering memberikan sesuatu pada orang lain. Maka makin banyak nilai positif yang kita dapat. Rasa terimakasih dari orang yang kita bantu sama halnya dengan doa untuk kita.

2. bang bing bung yuk kita NABUNG

Hal ini sangat simpel tapi seringkali susah dilakukan. Selalu saja ada penggoda yang membuat kita urung menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk ditabung. Tapi coba deh kamu liat buku tabungan kamu, kalau saldo kamu banyak, kamu akan merasa senang dan tenang kan? Lain halnya kalau buku tabunganmu isinya hanya beberapa digit. Menabung sama artinya membayar ’harga’ untuk diri kita sendiri. Tabungkanlah penghasilan kamu minimal 10% dari penghasilan.

3. disiplin dengn POS pengeluaran

Selalu prioritaskan pos-pos rutinmu setiap bulannya. Kalau bisa, sediakanlah amplop yang telah kamu beri label, misalnya pos uang transpor, pos belanja bulanan, pos isi pulsa, dsb. Disiplinkanlah dirimu dalam penggunaan uang tersebut. Kalau tidak bisa bisa pengeluaran menjadi tak terkendali.

4. jalankan usaha SAMPINGAN

mempunyai pekerjaan tetap dan penghasilan tetap tiap bulannya memang dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan kita setiap bulannya. Tapi coba deh menambah pemasukan kamu dengan menjalani usaha sampingan. Nggak jarang ko kalau usaha sampingan kadang memberi pemasukan yang lebih besar dari pekerjaan utamamu. Galilah idemu, dan pilih jenis usaha yang sesuai dengan bakat dan minatmu.

5. jangan anggap remeh uang RECEH

seringkali kita melempar begitu saja uang koin 500an.. padahal nominal segitu kalau kita kumpulkan juga akan mencapai jumlah besar. Jangan anggap kecil sesuatu yang memang kecil nilainya. Karena ketika terakumulasi akan mencapai angka yang lumayan besar. Simpan uang koin dan recehanmu. Mulailah dari menghargai sesuatu yang kecil jika ingin menjadi besar.

6. pikirkan sebelum MEMBELI

kadang, kalau melihat tulisan “sale 50%“ kita tergoda untuk membelinya. Padahal barang tersebut tidak begitu kita perlukan untuk saat ini. Pikirlah secara matang dan perhitungkan sebelum mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli suatu barang yang nyatanya tidak terlalu kita butuhkan.

7. senantiasa BERSYUKUR

hindarilah membandingkan keberuntungan dan rezeki yang kita miliki dengan apa yang dimiliki oarng lain. Nikmatilah apa yang kita telah miliki saat ini. Dengan bersyukur maka apa yang kita dapatkan akan terasa nikmatnya. (noe/noe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: